BE Fadilan: Menjelajah Waktu ke-Lampung era 90an – 2010

Gambar 1. Cover Buku BE Fadilan : saling berbagi kisah dan berbagi kasih untuk sesama

Jum’at 27 November 2020, antologi cerpen dengan setting tahun 1990 sampai dengan 2010 di Provinsi Lampung resmi terbit melalui rumah penerbitan IRDH. Buku kumpulan cerita pendek ini berisi 12 kisah menarik, dan diselingi oleh kutipan berupa pesan-pesan yang berkaitan dengan masing-masing cerita. 

BE Fadilan merupakan hasil karya dari empat penulis muda yakni Fajar, Dito, Nana, dan Lia. Latar belakang penulis yang berbeda-beda menjadikan buku kumpulan cerpen ini kaya akan beragam tema, aspek sosial budaya, hingga gaya bahasa yang dapat membawa pembaca hanyut dalam tiap kisahnya. Pemilihan setting lokasi cerita dan waktu merupakan hasil kesepakatan keempat penulis yang tumbuh besar di era 90an hingga 2010, dan juga mempertimbangkan memori yang dimiliki ketiga penulis yakni Fajar, Dito, dan Nana yang menghabiskan bertahun-tahun hidup di Provinsi Lampung.

Buku kumpulan cerpen ini dibuka dengan kisah komedi satir berjudul ‘Joki’ yang menyentil sekaligus menggelitik, dan ditutup dengan kisah sarat pesan moral dan pengetahuan Bahasa Daerah Lampung yakni ‘Biarkan Aku Memilih Bahasa Lampung’. Adapun cerita lainnya seperti Putra dan Gajah yang mengisahkan persahabatan seorang anak seorang pawing gajah dengan hewan raksasa tersebut juga menjadi kisah menarik yang wajib disimak. Sisipan quote sarat pesan dan makna menjadikan buku kumpulan cerpen ini kian kaya. Singkat kata, berbagai elemen di dalam BE Fadilan amat menghibur, sekaligus membuka wawasan tentang Lampung, serta budaya dan kehidupan di dalamnya.

Pada akhirnya, keempat penulis berharap bahwa karya ini dapat diterima oleh masyarakat luas dan nantinya dapat menjadi tonggak awal untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya.

Penulis: Fajar Riyantika
Editor: Nana Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *