Lestarikan Adat Budaya Lampung, Para Pemuda dan Pemudi Sungkai Bungamayang Bentuk FODISAI

Sumber: Sungkaibungamayang.com

Dalam rangka pembentukan struktural kepengurusan yang di namai FORUM MUDA MUDI SUNGKAI (FODISAI). Forum yang bermula dari sebuah Grup WA yang di inisiasi oleh Pemuda dan Pemudi Sungkai berkelanjutan menuju forum nyata yang terbentuk untuk melestarikan Adat Budaya Lampung serta sebagai wadah untuk saling berbagi ilmu.

Untuk membentuk suatu Forum sebagai tempat regenarasi penerus adat dan menyikapi hal tersebut, Bapak Ishak Juarsa S.Pd. (Kepala Desa Negara Bumi) mengambil inisiatif untuk memfasilitasi dengan meminjamkan tempat balai desa untuk di jadikan tempat pembentukan forum “ Ya kebetulan saya sangat senang dengan antusias muda-mudi yang ingin sekali melestarikan adat budaya Lampung,melihat hal itu saya inisiatif untuk memfasilitasi tempat,dan kebetulan di pakai hari ini hari minggu tempat kita tidak digunakan,dan selain itu muda-mudi dari 5 Tiyuh yaitu Negara Bumi, Negara Agung, Cempaka Raja, Gunung Raja dan Hanakau Jaya membantu dalam memfasilitasi terbentuknya Forum ini”  pungkas beliau.

Negara Bumi 22 September 2019 telah di adakan suatu musyawarah (Sumber: Sungkaibungamayang.com)

Dalam pembentukan Forum ini, sedikitnya dihadiri oleh Pemuda dan Pemudi dari 34 tiyuh se-Sungkai Bunga Mayang. Ikut hadir berbagai tokoh adat, tokoh pemuda dari berbagai tiyuh diantaranya Malik Ibrahim (Kepala Mekhanai Kotanapal), Ali Nizar (Kepala Mekhanai Tiyuh Gunung Raja), Nandika (Kepala Mekhanai Tiyuh Negara Bumi), Mirwan Sandika (Tiyuh Pakuwon Agung), Haryadi Pranata (Tiyuh Negara Ratu) dan Adi Sanjaya (Tokoh Adat Hanakau Jaya yang juga Pembina Forum Muda Mudi Sungkai).

“Tadi kita telah melakukan voting untuk memilih Ketua FODISAI, ada 3 orang yang siap untuk mencalonkan diri yaitu, Eeng dari Cempaka Sungkai Jaya, Basofi dari Tiyuh Sukadana dan Taufiqurahman dari Melungun Ratu. Berdasarkan hasil voting yang terpilih adalah Eeng/kakcek dari Sungkai Jaya dengan perolehan suara 34 suara sementara basofi dan taufik masing masing meperoleh 13 suara  dan 2 suara” ujar Adi sanjaya yang juga seorang yang sangat senang dengan adat dan budaya lampung ini. Sementara itu Eeng selaku ketua terpilih berharap agar Forum ini dapat menyatukan muda mudi sungkai bungamayang, agar bisa saling bersatu saling mengenal satu sama lain,dan ikut melestarikan adat dan budaya lampung dengan jalur kemampuan masing-masing.

Untuk di ketahui, anggota dari Forum Muda Mudi Sungkai sudah beranggotakan lebih dari 100 orang dengan latar belakang pekerjaan dan kemampuan di bidang adat dan budaya yang cukup Berbeda beda, “sebut saja Aga Gumantara yang bisa membuat Lagu POP Lampung, ada Rey yang biasa menyanyikan Lagu Klasik dan Petikan Lampung, ada Abyi Rohman yang merupakan Muli Mekhanai Lampung Utara 2019, ada Edo Ricardo yang amat mahir dalam membuat pisaan, ada muda mudi dari Tiyuh Negara Ratu yang sangat kental dengan budaya canggotnya dan masih banyak lagi. Kita berharap dengan adanya forum ini kita bisa saling belajar satu sama lain nya” punkas Eeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *