Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan Program Pemberantasan Malaria di Desa Durian, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran pada Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020

Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pesawaran, mengadakan beberapa Program Pemberantasan Malaria di Desa Durian, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran beberapa waktu lalu.
Program pemberantasan malaria ini dilatarbelakangi oleh penyakit malaria yang menjadi penyakit endemik di Desa Durian.

Program Pemberantasan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu sosialisasi bahaya malaria serta pencegahannya di lingkungan rumah, pemberian bibit-bibit lavender pada warga sebagai tanaman anti nyamuk, deteksi dini penyakit malaria dengan Rapid Diagnostic Test (RDT), dan pemberantasan jentik nyamuk langsung pada tempat-tempat hidup jentik nyamuk di Desa Durian.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 09 Januari sampai 11 Januari 2020. Kegiatan pertama ialah sosialisasi bahaya malaria dan upaya pencegahannya di lingkungan rumah. Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemberian 50 bibit tanaman lavender dan pelatihan pembudidayaan lavender kepada warga di Desa Durian. Sedangkan di hari terakhir mahasiswa KKN ITERA menuju tempat-tempat nyamuk bertelur (breeding place) yang ada di Desa Durian untuk menancapkan TOPETIK (Tongkat Pengusir Jentik). TOPETIK adalah tongkat bambu yang ujungnya telah diikatkan bubuk larvasida sebagai pembasmi jentik nyamuk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *