PT Great Giant Pineapple (GGP) Kenalkan Konsep Bisnis Zero Waste Kepada Mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sumatera

PT Great Giant Pineapple (GGP) yang tergabung dalam Great Giant Food (GGF), menempatkan limbah bukan masalah, tetapi menjadikan sumberdaya yang memiliki nilai ekonomi dengan cara menerapkan bisnis yang ramah lingkungan. “konsep ini dilakukan dengan menerapkan konsep zero waste dalam bisnisnya karena tidak banyak sampah yang dibuang” kata Pak Sueb bidang kurikulum komunikasi saat memaparkan presentasi materi Kunjungan Industri kepada mahasiswa program studi Biologi, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada hari selasa, 12 November 2019.

Ia menjelaskan bahwa limbah padat seperti kulit buah-buahan hasil pengolahan jus dengan teknologi fermentasi dapat dijadikan pakan sapi. Produk-produk limbah seperti limbah padat yang dihasilkan pabrik nanas dan pabrik tapioka dimanfaatkan untuk pakan sapi dan kotoran sapi tersebut diproses agar limbah tidak terbuang maka dijadikan pupuk kompos.

PT Great Giant Pineapple (GGP) Mengembangkan energi terbarukan dari limbah cair dengan teknologi fermentasi menghasilkan biogas (energy methan) dengan memanfaatkan limbah tapioka dan nanas sebagai pupuk hayati yang kaya akan nutrisi untuk berbagai tanaman, Sehingga emisi karbon melalui proses produksi yang lebih efisien.

Secara keseluruhan, PT Great Giant Pineapple (GGP) sangat peduli terhadap lingkungan dan telah mengaplikasikan Zero Waste secara nyata untuk lingkungan sekitarnya. PT Great Giant Pineapple (GGP) kabarnya telah menjadi perusahaan terbesar nomor 2 di dunia. Perusahaan ini berlokasi di Lampung tepatnya Lampung tengah. Kita sebagai warga Lampung seharusnya bangga akan capaian ini bukan?

Oleh : Ika Fitriya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *