Tentang Gebyar Pelajar Lampung

Gebyar Pelajar Lampung (GPL), adalah suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan terkait penyebaran informasi dan kegiatan kepemudaan, khususnya para pelajar di Provinsi Lampung.

Gebyar Pelajar Lampung

Gebyar Pelajar Lampung (GPL), didirikan pada tanggal 01 Februari 2019 oleh inisiatif sebuah perkumpulan Mahasiswa Lampung yang menerima Beasiswa Karya Salemba Empat.

Pendiri Gebyar Pelajar Lampung (GPL), antara lain:

  1. Ramadhani Lil Alamin
  2. Nana Maulana
  3. Ricky Rachman Nursa
  4. Lina Afriliani
  5. Arfita Bella Pratiwi
  6. Shintia Erleni
  7. Tia Ayu Astuti
  8. Noven Azalia
Founder Gebyar Pelajar Lampung (GPL)
Atas Kiri ke Kanan ( Shintia – Noven – Lina )
Tengah Kiri ke Kanan ( Ricky – Rama – Nana )
Bawah Kiri ke Kanan ( Tia – Bella)

Latar Belakang
Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik melalui bimbingan, pengajaran dan latihan untuk membantu peserta didik mengalami proses diri ke arah tercapai. Pelajar merupakan anak usia SD, SMP, maupun SMA. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju. Negara Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara yang lain. Sebuah negara dikatakan maju apabila pendidikan di negara tersebut juga maju.

Generasi Muda adalah generasi penerus bangsa ini. Pemudalah tongkat estafet perjuangan dan pembangunan bangsa di masa depan. Apakah bangsa ini akan terus bertahan dan semakin maju ataukah sebaliknya? Bangsa ini akan hancur dan binasa, semua tergantung bagaimana ahlak pemuda kelak. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, generasi milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y atau Gen-Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Karakteristik Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi.

Namun, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Generasi milenial lebih terkesan individual, mengabaikan masalah politik, fokus pada nilai-nilai materialistis, dan kurang peduli untuk membantu sesama jika dibandingkan dengan generasi X pada saat usia yang sama. Generasi ini bila dilihat dari sisi negatifnya, merupakan pribadi yang pemalas, narsis, dan suka sekali melompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Sisi positifnya, antara lain generasi milenial merupakan pribadi yang pikirannya terbuka (open minded), pendukung kesetaraan hak, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mampu mengekspresikan perasaannya, optimis, dan menerima ide-ide baru. Melihat karakteristiknya, tentu tak mudah bagi kita untuk memasuki dunia generasi milenial, apalagi bila hendak menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam rangka membangun karakter mereka. Diperlukan pendekatan yang tepat dan menyenangkan (fun) untuk membangun karakter generasi milenial.

Kami merupakan Alumni Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Lampung. Karya Salemba Empat (KSE) merupakan sebuah Yayasan yang memberikan bantuan pendidikan kepada perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerima bantuan dari Yayasan Karya Salemba Empat yang menjadi sebuah Paguyuban untuk Mahasiswa Universitas Lampung yang menerima Beasiswa. Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) memiliki banyak program bermanfaat yang telah kami ikuti seperti Pelatihan Kepemimpinan (leadership), seminar/coaching, akademi kewiraushaaan (entrepreneur) dan social project. Program tersebut banyak manfaat yang kami dapat dan rasakan, sehingga kami mempunyai inisiatif dan ide untuk membuat sebuah wadah untuk berbagi kepada orang lain khususnya pelajar. Oleh karena itu, kami membentuk Gebyar Pelajar Lampung (GPL) sebagai wadah untuk kami membantu adik-adik pelajar khususnya di Provinsi Lampung untuk menyiapkan diri masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *